NURMAYA (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI PENERAPAN METODE BERCERITA PADA KELOMPOK B DI TK ISLAM MIFTAHUL ILMI KECAMATAN KEDOKANBUNDER INDRAMAYU. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Bahasa merupakan modal awal komunikasi antara guru dan siswa. Namun, sebagian besar kemampuan bahasa anak tidak berkembang secara optimal di lingkungan Taman Kanak-Kanak Islam Miftahul Ilmi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak dengan menggunakan metode cerita. Penelitian ini dilaksanakan di kelompok B TK Islam Miftahul Ilmi tahun pelajaran 2022/2023. Subjek penelitian berjumlah 25 siswa, terdiri dari 14 laki-laki dan 11 perempuan. Bahan penelitian berupa informasi tentang kemampuan berbahasa lisan siswa, alat pengumpulan data melalui teknik observasi. Dalam teknik analisis data digunakan metode deskriptif komparatif yaitu perbandingan siklus I dan II. Siklus I selama 5 hari dan siklus 2 selama 5 hari. Dan hasil penelitiannya adalah kemampuan bahasa awal anak kelompok B TK Islam Miftahul Ilmi masih berada di bawah tingkat capaian. Berdasarkan observasi langsung pra siklus tingkat kemampuan berbahasa kelompok B TK Islam Miftahul Ilmi hanya sekitar 12%. Setelah penerapan PTK pada siklus I, perkembangan bahasa anak meningkat sebesar 48%, dan setelah siklus II kemampuan bahasa anak meningkat dengan sangat baik. Semua itu tercermin dari presentase 28% Berkembang Sangat Baik (BSB) sebesar 48% yang memenuhi kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Terdapat banyak perbedaan kemampuan berbahasa anak ketika menggunakan metode cerita, serta dapat meningkatkan komunikasi antara anak dan guru.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Berbahasa, Metode Bercerita, Anak Usia Dini |
Subjects: | Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:10 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:10 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2970 |