Search for collections on Karya Ilmiah

Media Oven Edukatif dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca di TK Syam Firdaus Rosvita WatiPendididkan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas TerbukaEmail : rosvitawati15@gmail.com

ROSVITA WATI (2023) Media Oven Edukatif dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca di TK Syam Firdaus Rosvita WatiPendididkan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas TerbukaEmail : rosvitawati15@gmail.com. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKSalah Satu aspek perkembangan bahasa anak usia dini adalah keterampilan membaca. Untuk meningkatkan keterampilan membaca anak usia 5-6 tahun membutuhkan metode dan media yang sesuai dengan tahapan dan karakteristik anak. Kemampuan membaca di kelompok B TK Syam Firdaus masih rendah, hanya 30 % siswa yang memiliki kemampuan membaca. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca anak. secara khusus mengetahui seberapa besar kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun melalui penerapan/penggunaan media loosepart oven edukatif. Media oven edukatif adalah media yang dibuat guru dari bahan ramah lingkungan atau media loosepart. Media dibuat seperti aslinya oven dimana media oven edukatif ini bisa menyala dan ada tombol on-off yang terdapat komedi putar sebagai sumber bacaan anak. Apakah penggunaan media oven edukatif dapat meningkatkan ketermpilan membaca pada anak kelompok B di TK Syam Firdaus ?. Penelitian ini dilaksanakan di kelompok B TK Syam Firdaus Tahun Pelajaran 2022/2023. Subyek penelitian 10 anak didik terdiri laki-laki 5 anak dan perempuan 5 anak. Penelitian dilakukan selama 2 (dua) siklus dengan prosedur umum meliputi tahapan 1) Perencanaan yaitu merencanakan tindakan yang akan dilakukan, 2) Implementasi yaitu melaksanakan tindakan rencana, 3) Observasi yaitu melakukan pengamatan kemampuan berbahasa lisan dan, 4) Refleksi yaitu melakukan analisis kekuatan dan kelemahan perbaikan pembelajaran. Data penelitian ini adalah data kemampuan membaca pada anak usia 5-6 tahun. Instrumen pengambilan data dengan lembar pengamatan dan teknik pengumpulan data melalui observasi. Teknik analisis data dengan menggunakan metode deskriptif kompartif yaitu membandingkan siklus I dan siklus II masing-masing dalam dua pertemuan. Berdasarkan analisis data diperoleh, kegiatan pembelajaran menggunakan II siklus, sebanyak 5 pertemuan. Pada siklus I jumlah presentasi sebesar 40%. Sedangkan pada siklus II pertemuan 90%, kenaikan ini sudah melampaui ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa data menunjukkan media loospart oven edukatif, yang dilakukan berulang-ulang dapat melatih konsentrasi anak dalam meningkatkan keterampilan membaca melalui melalui sumber bacaan yang ada pada media oven edikatf

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Bahasa, Membaca , Media lossepart Oven Edukatif
Subjects: Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:10
Last Modified: 11 Dec 2023 09:10
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2968

Actions (login required)

View Item
View Item