SISKA SRI ASTUTI (2023) Penerapan menggunting berpola untuk meningkatkan motorik halus pada kelompok B PAUD Abdan Syakur. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penerapan menggunting berpola untuk meningkatkan motorik halus pada kelompok B PAUD Abdan Syakur merupakan kegiatan untuk melatih motorik halus anak dalam menggunting sesuai pola. Anak-anak dengan motorik yang buruk dapat membuat otot-otot di jari-jarinya menjadi kaku, bahkan sulit untuk menggerakkan jari-jarinya pada saat yang bersamaan. Salah satu kegiatan edukatif yang dapat meningkatkan kemampuan motorik anak adalah kegiatan menggunting dari kertas dengan menggunting berbagai pola.Penelitian ini dilaksanakan di PAUD Abdan Syakur RT.05 RW.09 Desa Cikembang Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung. Subyek Penelitian pada Penelitian Tindakan Kelas adalah kelompok B rentang usia 5-6 tahun dengan jumlah siswa 12 anak yang terdiri dari 4 anak perempuan dan 8 anak laki-laki.Sebelum melakukan perbaikan siklus 2, 5 dari 12 anak masih 20% atau belum bisa menggunting sesuai pola, dan setelah melakukan siklus 2 meningkat menjadi 40% atau berkembang sangat baik. Ini menunjukan bahwa metode/media yang digunakan efektif meningkakan perolehan hasil kinerja anak. tahapan menggunting pada anak usia dini sangat penting, karena dengan cara menggunakan gunting anak bisa menguasai atau leluasa menggunakan benda-benda disekitar dengan percaya diri dan menggunting juga dibutuhkan untuk jangka waktu yang panjang juga bisa menjadi kebutuhan sehari-hari bagi seorang individu.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Anak usia dini, motorik halus, menggunting |
Subjects: | Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:10 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:10 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2967 |