Search for collections on Karya Ilmiah

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MEMBACA PERMULAAN PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DI KELAS 1 SDIT FATAHILLAH KECAMATAN CILEUNGSI KABUPATEN BOGOR

HERMAYANTI (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MEMBACA PERMULAAN PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DI KELAS 1 SDIT FATAHILLAH KECAMATAN CILEUNGSI KABUPATEN BOGOR. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

kemampuan membaca merupakan kemampuan dasar pada jenjang pendidikan dasar dan sekolah dasar merupakan satuan pendidikan yang memberikan kemampuan dasar tersebut sebagaimana yang dinyatakan dalam Bab II pasal 6 ayat 6 PP No.19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Selain itu, sekolah dasar sebagai lembaga pendidikan formal diharapkan dapat menangani kesulitan yang dialami oleh anak untuk meningkatkan keterampilan berbahasa termasuk kemampuan membaca. Membaca merupakan satu aspek keterampilan yang sulit diajarkan pada siswa kelas 1 SDIT Fatahillah yang berjumlah 36 siswa dengan perolehan nilai rata rata kelas 53,10 dari KKM 75. Dari data di atas maka penulis mengadakan perbaikan dan mengupayakan agar hasil belajar siswa mengalami perubahan yang lebih baik dan mencapai prestasi yang diharapkan. Penanganan permasalahan seperti diuraikan diatas memerlukan suatu upaya praktis agar hasil belajar siswa membaca permulaan pada mata pelajaran bahasa Indonesia menjadi lebih baik, melalui model pembelajaran "Picture and Picture". Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam membaca permulaan pada pelajaran bahasa Indonesia menggunakan model "Picture and Picture" yang telah dilakukan sebanyak dua siklus mengalami peningkatan dan telah mencapai batas tuntas sesuai dengan indikator kinerja yang telah ditetapkan. Pada siklus 1 nilai rata rata yang diperoleh 53,10 sedangkan pada siklus 2 dan nilai rata rata yang diperoleh 88,94. Berdasarkan langkah-langkah yang telah ditempuh, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran "Picture and Picture" sangat efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam membaca permulaan pada pelajaran bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, membaca permulaan, Bahasa Indonesia, model pembelajaran picture and picture
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:10
Last Modified: 11 Dec 2023 09:10
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2961

Actions (login required)

View Item
View Item