Search for collections on Karya Ilmiah

Meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa materi huruf kapital menggunakan media flash card pada siswa kelas 2 SD Perjuangan terpadu

MELIDIA (2023) Meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa materi huruf kapital menggunakan media flash card pada siswa kelas 2 SD Perjuangan terpadu. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Permasalahan utama pada penelitian ini adalah rendahnya kemampuan belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi huruf kapital di kelas 2 SD Perjuangan Terpadu.Salah satu faktor penyebab yaitu metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah, sehingga aktivitas belajar berpusat pada guru (teacher centered of learning). Oleh karena itu, perlu diupayakan metode pembelajaran yang dapat memotivasi siswa untuk meningkatkan kemampuan belajarnya. Untuk meningkatkan kemapuan siswa dalam menggunakan huruf kapital, maka peneliti menggunakan media flash card. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah dengan menggunakan media flash card dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas 2 SD Perjuangan terpadu materi huruf kapital. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2SD Perjuangan Terpadu dengan jumlah siswa 25 orang terdiri dari 13 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengikuti model Arikunto dkk, 2012 yang dilaksanakan secara bersiklus melalui 3 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui media flash card dapat meningkatkan kemampuan siswa menggunakan huruf kapital di kelas 2 SD Perjuangan terpadu. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat diketahui bahwa hasil observasi kegiatan siswa dan guru pada siklus I mencapai kategori cukup, danhasil evaluasi siklus I, jumlah siswa yang dinyatakan tuntas belajar individu mencapai 13 orang dari 25 orang siswa sehingga diperoleh hasil ketuntasan belajar klasikal mencapai 56,52%. Pada siklus II mengalami peningkatan hasil observasi kegiatan siswa dan guru mencapai kategori Sangat Baik dan hasil evaluasi siklus II, jumlah siswa yang dinyatakan tuntas belajar secara individu 21 orang dari 25 orang siswa, sehingga diperoleh hasil ketuntasan belajar klasikal mencapai 75,21%. Dengan demikian indikator kinerja yang ditetapkan dalam penelitian ini telah tercapai sehingga tidak perlu lagi dilanjutkan pada siklus berikutnya.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: media flash card, huruf kapital, bahasa Indonesia SD
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:10
Last Modified: 11 Dec 2023 09:10
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2958

Actions (login required)

View Item
View Item