Search for collections on Karya Ilmiah

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran DigitalWordwall Pada Materi Kenampakan Alam Kelas V Uhud SDIT ARRAHMAH Kota Depok

RAHAYU LESTARI (2023) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran DigitalWordwall Pada Materi Kenampakan Alam Kelas V Uhud SDIT ARRAHMAH Kota Depok. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji cara guru dalan mengajar dengan strategi pengajaran yang baik dan didukung oleh media pembelajaran yang tepat guna. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui media pembelajaran berbasis aplikasi wordwall. Hal ini diharapkan dapat menimbulkan antusiasme dan keaktifan dari peserta didik di Kelas V Uhud SDIT ARRAHMAH pada pelajaran IPS materi kenampakan alam. Subjek penelitian terdiri dari 13 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas terhadap 26 siswa Kelas V Uhud SDIT ARRAHMAH tahun pelajaran 2022/20223. Penelitian ini dilakukan dua siklus. Setiap siklus dilakukan kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Berdasarkan hasil PTK, bahwa penggunaan media pembelajaran digital Wordwall meningkatkan hasil belajar pada materi Kenampakan Alam siswa kelas V SDIT ARRAHMAH pada tahun pelajaran 2022/2023. Prosentase nilai rata-rata Siklus I yaitu 76,54% dan pada Siklus II 80,88% sehingga peningkatannya menjadi 5,67% termasuk kategori tinggi. Ketuntasan Siklus I 76,92%, pada Siklus II 84,62% meningkat sebesar 7,7%. Dengan demikian penggunaan media pembelajaran digital Wordwall dapat dikatakan berhasil karena meningkatnya ketuntasan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: hasil belajar siswa, aplikasi wordwall
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:10
Last Modified: 11 Dec 2023 09:10
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2955

Actions (login required)

View Item
View Item