TATU MAFTUHAH ROYANI (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan di Kelas II Sekolah Dasar. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Salah satu bidang ilmu yang dipelajari dari tingkat sekolah dasar adalah matematika. Pecahan merupakan materi pembelajar matematika yang mulai dipelajari pada tingkat/kelas II. Pecahan merupakah salah satu materi yang dianggap sulit bagi siswa. Hal ini dapat terlihat dari hasil belajar siswa yang belum sesuai dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran pecahan. banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaian permasalahan terkait pecahan yang disebabkan karena mereka belum memahami konsep dari pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran yang efektif melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan hasil belajar materi pecahan pada siswa kelas II SDS Islam Nurul Iman. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode tes individu serta lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada materi pecahan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep pecahan pada siswa. Sebesar 83% siswa memenuhi kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran materi pecahan. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran tipe TGT berlangsung efektif.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, matematika, teams games tournament |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:10 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:10 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2945 |