Search for collections on Karya Ilmiah

EFEKTIVITAS MEDIA KANTONG BILANGAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SD N BEDAHAN 01 PADA MATERI PENJUMLAHAN

RIKA RIRI ANDRI YANICH (2023) EFEKTIVITAS MEDIA KANTONG BILANGAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SD N BEDAHAN 01 PADA MATERI PENJUMLAHAN. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas II SD N Bedahan 01 pada materi penjumlahan bersusun pendek. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II pada materi penjumlahan bersusun pendek . Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tidakan Kelas dengan siklus 2. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD N Bedahan 01 Kec.Cibinong ,Kabupaten Bogor dengan jumlah peserta didik sebanyak 19 siswa laki laki dan 17 siswa perempuan. Waktu penelitian dilakukan pada Semester 2 tahun pelajaran 2022/2023. Data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif adalah data yang diperoleh dari hasil tes formatif pada setiap siklus. Sedangkan data kualitatif berupa hasil observasi pada tiap siklus pembelajaran. Data yang diperoleh kemudian dikonsultasikan dengan kriteria keberhasilan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada prasiklus hanya 15 siswa (42 %) yang mendapat nilai diatas KKM. Pada siklus I meningkat menjadi 22 siswa (61%) yang tuntas. Pada Siklus II meningkat menjadi 33 siswa (92%) yang tuntas. Dari penelitian perbaikan pembelajaran menggunakan media kantong bilangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II pada materi penjumlahan.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar,Kantong Bilangan,Pembelajaran Matematika
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:10
Last Modified: 11 Dec 2023 09:10
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2941

Actions (login required)

View Item
View Item