DEWI KARIMATU DERAJAT (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SDIT ELMIAH KABUPATEN BOGOR. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Hasil belajar mata pelajaran PPKn kelas III SDIT Elmiyah Kabupaten Bogor kurang memuaskan, mengakibatkan mayoritas dari peserta didik belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM), yang menjadi dasar standar kelulusan peseta didik disekolah. Hal tersebut diakibatkan oleh cara mengajar yang digunakan guru masih konvensional. Maka dari itu guru yang bertindak sebagai peneliti berusaha mengembangkan kemampuannya dalam mengajar dengan menerapkan model belajar Teams Games Tournament. Model tersebut merupakan tipe dari model pembelajaran kooperatif (kelompok) model TGT sendiri memodifikasi model kooperatif dimana setiap kelompok berlomba dalam game akademik untuk mendapatkan poin terbanyak yang keluar sebagai juara. Dalam hal ini guru hanya berperan sebagai fasilitator dan narasumber. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament melalui dua siklus. Tekhnik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, dokumentasi, dan penilaian test hasil belajar. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan kenaikan hasil yang spesifik dari angka 28% menjadi 67% pada 18 Peserta didik. Dan pada siklus II terjadi kenaikan hasil belajar menjadi 89% artinya hanya 2 orang siswa yang belum mencapai KKM.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, PPKn, Teams Games Tournament |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:10 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:10 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2940 |