Search for collections on Karya Ilmiah

Wayang Kartun Dapat Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dongeng Fabel Pada Siswa Kelas II SD Negeri Cihanjawar

LENI ROBIHARYANTI (2023) Wayang Kartun Dapat Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dongeng Fabel Pada Siswa Kelas II SD Negeri Cihanjawar. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berawal dari pengamatan kelas, melalui proses pembelajaran Bahasa Indonesia hasil belajar siswa pada keterampilan menyimak dongeng sangatlah rendah. Hal ini mempengaruhi terhadap pemahaman siswa dalam menjawab soal cerita yang disajikan serta memahami isi dongeng itu sendiri. Penelitian ini bertujuan agar siswa kelas 2(dua) SD Negeri Cihanjawar dapat meningkatkan keterampilan menyimak dongeng fabel melalui media wayang kartun. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas milik Arikunto dengan dua fase siklus, dimana ada empat tahapan yaitu : (1)Merencanakan proses penelitian, (2)Melaksanakan penelitian, (3)Pembahasan, (4) Evaluasi dan refleksi. Penelitian ini menggunakan subjek siswa kelas 2(dua) SD Negeri Cihanjawar yang berjumlah 40 orang. Teknik analisis data menggunakan rerata nilai dan kriteria ketuntassan minimal (KKM). Siklus 1 menunjukkan bahwa 60% siswa telah tuntas melaksanakan pembelajaran dengan rerata nilai 69,8 sedangkan pada kegiatan pembelajaran siklus II mengalami peningkatan yang signifikan yaitu 87,5% tuntas melaksanakan pembelajaran dengan rerata 80. Maka dapat disimpulkan dari kemajuan hasil siklus I dan siklus II bahwa wayang kartun dapat meningkatkan keterampilan menyimak dongeng fabel pada siswa kelas II SD Negeri Cihanjawar.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Menyimak, dongeng, fabel, wayang kartun
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:10
Last Modified: 11 Dec 2023 09:10
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2938

Actions (login required)

View Item
View Item