Search for collections on Karya Ilmiah

PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SIKLUS AIR KELAS V SD

DEWI MUGI RAHAYU (2023) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SIKLUS AIR KELAS V SD. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

IPA adalah ilmu yang mempelajari alam dan isinya, serta makhluk hidup dan tak hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswakelas V SD Negeri Cilondong pada materi siklus air. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Cilondong dengan materi siklus air. Jenis penelitian ini menggunakan dua siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian berjumlah 35 siswa. Metode analisis data penelitian ini menggunakan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi siswa meningkat dari 21,74% atau 8 siswa pada awal pembelajaran menjadi 69,57% atau 24 siswa pada Siklus I dan meningkat menjadi 95,65% atau 33 siswa pada akhir siklus II, sedangkan hasil belajar siswa dengan rata- rata hasil belajar klasikal semakin meningkat dari 57,83 pada penelitian awal menjadi 65,65 pada siklus I dan 74,78 pada akhir siklus II. Kesimpulannya adalah dengan metode demonstrasi yang didukung media konkrit, dapat mendorong partisipasi dan hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri Cilondong Kecamatan Nagrak Kabupaten Sukabumi dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: demonstrasi, hasil belajar, siklus air
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:10
Last Modified: 11 Dec 2023 09:10
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2936

Actions (login required)

View Item
View Item