DINA KAMILAH (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI CERITA FIKSI MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING KELAS IV SDIT NUURUL JAMAAL. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia materi cerita fiksi melatarbelakangi dilakukannya penelitian ini. Data menunjukkan jumlah siswa yang berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) lebih dari 50 % sebanyak 8 siswa dari 16 siswa.Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SDIT Nuurul Jamaal Kota Depok pada materi cerita fiksi menggunakan metode mind mapping . Penelitian ini dilakukan melalui tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah kelas IV SDIT Nuurul Jamaal Kota Depok sebanyak 6 orang siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar dari LKPD yang diberikan. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2, dengan persentase peningkatan kelas sebesar 25 %. Nilai rata-rata kelas di siklus 1 sebesar 79,2 atau sekitar 68,6 % dan di siklus 2 dengan rata – rata kelas sebesar 89,1 atau sekitar 93,8 %. Jumlah siswa yang mencapai KKM mengalami peningkatan dari 8 ke 15 siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi cerita fiksi. Hasil penelitian ini direkomendasikan untuk guru Bahasa Indonesia lainnya pada materi yang sama.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Bahasa Indonesia, Hasil Belajar, Mind Mapping |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:10 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:10 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2935 |