IDA FARIDA (2023) Peningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Metode Demontrasi Pada Siswa Kelas IV di SD Ar-Ridha Al Salaam Cinere. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAKLatarbelakang dilakukannya penelitian ini adalah ditemukannya hasil belajar siswa kelas VI SD Ar Ridha Al Salaam dalam mata pelajaran ilmu pengetahuan alam materi energi listrik yang masih di bawah KKM. Salah satu penyebabnya adalah sebagian siswa tidak memahami materi yang telah dijelaskan guru, sehingga siswa kesulitan untuk menjawab soal. Kesulitan dalam belajar IPA disebabkan karena siswa kesulitan memahami materi dan konsep saat proses pembelajaran. Untuk meningkatkan hasil belajar dan belajar siswa, peneliti menerapkan metode demonstrasi dalam proses perbaikan belajar yang dilakukan dengan 2 siklus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode demonstrasi pada materi energi listrik sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Pelaksanaan perbaikan pembelajaran ini dilakukan melalui 4 (empat) langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil analisis dari penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan pada data kuantitatif terlihat adanya peningkatan nilai rat-rata siswa pada masing-masing siklus. Rata-rata pada siklus 1 adalah 67,14% dan diperoleh rata-rata hasil belajar menjadi 88,10%. Adapun dari data kualitatif menunjukkan bahwa siswa aktif terlibat dalam proses pembelajaran dari kegiatan meneliti, mengamati, bertanya, menyampaikan pendapat dan mengerjakan latihan soal.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Analisis, Metode demonstrasi, Hasil Belajar Siswa. |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:10 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:10 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2931 |