Search for collections on Karya Ilmiah

Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pembagian dengan Metode Collaborative Learning melalui Media Stick Ice Cream pada Kelas 3 SDI Binakheir Depok

NURI QULBY ARIMY (2023) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pembagian dengan Metode Collaborative Learning melalui Media Stick Ice Cream pada Kelas 3 SDI Binakheir Depok. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya nilai hasil pembelajaran Matematika materi pembagian di kelas 3 SDI Binakheir. Data menunjukkan bahwa dari 21 siswa diperoleh nilai rata-rata 59,5 dari KKM 70 dimana 8 siswa (38%) dinyatakan tuntas, sedangkan 13 siswa (62%) dinyatakan tidak tuntas. Beberapa hal yang melatarbelakangi pembelajaran kurang maksimal, antara lain guru menyampaikan materi pembelajaran hanya dengan ceramah, guru belum menggunakan metode yang tepat, guru tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik bagi siswa sehingga siswa merasa bosan selama pembelajaran dan kelas menjadi tidak kondusif. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar Matematika siswa pada materi pembagian melalui metode collaborative learning dan media stick ice cream sehingga siswa dapat belajar dengan antusias, aktif, dan menyenangkan. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelas 3 SDI Binakheir School yang berjumlah 21 siswa terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Penelitian dilakukan pada mata pelajaran Matematika materi pembagian. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan Teknik persentase (%). Setelah menggunakan metode collaborative learning dan media stick ice cream pada materi pembagian Matematika, hasil belajar peserta didik menunjukkan adanya peningkatan. Terlihat adanya perubahan yang siginifikan dari prasiklus hingga siklus 2. Hasil belajar peserta didik pada siklus 2 menunjukkan rata-rata 76,2 dari KKM 70 dimana 17 siswa (81%) dinyatakan tuntas, sedangkan 4 siswa (19%) dinyatakan tidak tuntas. Penggunaan metode collaborative learning dan media stick ice cream dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Matematika, pembagian, collaborative learning, stick ice cream
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:09
Last Modified: 11 Dec 2023 09:09
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2923

Actions (login required)

View Item
View Item