Search for collections on Karya Ilmiah

PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV TAHUN PELAJARAN 2022-2023

NANANG MULYANA (2023) PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV TAHUN PELAJARAN 2022-2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus.Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Margaluyu Kecamatan Tanggeung Kabupaten Cianjur tahun pelajaran 2022/2023,dengan jumlah siswa 13 orang yang terdiri dari 6 laki-laki dan 7 perempuan,Penelitian ini menggunakan dua jenis data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif,Data kualitatif diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa,sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui tes evaluasi baik secara individu maupun kelompok.Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas guru dalam melaksanakan pembelajaran metode Demontrasi,pada siklus 1 dengan skor nilai 15,38 % kategori baik pada siklus II dengan skor nilai 100 %.Berdasarkan temuan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA dengan metode Demonstrasi pada kelas IV SDN Margaluyu Kecamatan Tanggeung Kabupaten Cianjur dapat meningkatkan dan hipotesis diterima.Disarankan kepada guru untuk menerapkan metode Demonstrasi untuk dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pemilihan metode pembelajaran agar proses dan hasil belajar siswa menjadi lebih baik dan lebih optimal.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Demonstration method,Metode Demonstrasi,Pembelajaran IPA SD
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:09
Last Modified: 11 Dec 2023 09:09
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2918

Actions (login required)

View Item
View Item