DINI NOPAYANTI (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG SIFAT-SIFAT CAHAYA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS 4 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Dini Nopayanti. 857327034. Program S1 PGSD Universitas Terbuka UPBJJ Bogor. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Sifat-Sifat Cahaya pada Mata Pelajaran IPA Kelas 4 Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning.Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPA tentang sifat-sifat cahaya?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat cahaya melalui model pembelajaran problem based learning di Kelas 4 SDIT Prayasqi Islamic School. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran problem based learning. Perbaikan pembeljaran ini dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas 4 SDIT Prayasqi Islamic School dengan karakteristik subjek penelitian adalah siswa kelas 4 dengan jumlah 21 siswa yang terdiri atas 14 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Dari hasil penelitian pada pembelajaran siklus I diperoleh data, dari 21 siswa yang dikenai tindakan hanya 15 siswa atau 71,42% yang mencapai nilai KKM, spada siklus 2 seluruh siswa mencapai nilai KKM dengan persentase 90,50% . Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan penulis menyimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPA tentang sifat-sifat cahaya di kelas 4 SDIT Prayasqi Islamic School.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, ilmu pengetahuan alam, model pembelajaran problem based learning |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:09 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:09 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2917 |