Search for collections on Karya Ilmiah

Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Siklus Air Melalui Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Diorama di Kelas 5 MI Al Islamiyah Al Marzukiyah Depok Jakarta

AMALIA RAHMAH (2023) Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Siklus Air Melalui Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Diorama di Kelas 5 MI Al Islamiyah Al Marzukiyah Depok Jakarta. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan data hasil pra-penelitian melalui data observasi, wawancara, dan hasil belajar siswa di kelas V di MI Al Islamiyah Al Marzukiyah, ditemukan bahwa pembelajaran IPA belum optimal dan ketersediaan media pada pembelajaran IPA masih terbatas yaitu hanya menggunakan KIT IPA dan gambar – gambar yang tersedia pada buku siswa dan guru. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa kurang efektif dalam pembelajaran IPA dan memiliki rerata rendah. Sehingga perlu dikembangkan pembelajaran Project Based Learning melalui media diorama pada pembelajaran IPA materi siklus air. Rumusan masalah adalah apakah metode Project Based Learning dan media diorama dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V menggunakan metode pembelajaran Project Based Learning dengan media diorama. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas V MI Al Islamiyah Al Marzukiyah dengan jumlah peserta didik sebanyak 35 siswa. Waktu penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif adalah data yang diperoleh dari hasil tes evaluasi pada setiap siklus pembelajaran. Hasil observasi pada pra siklus yaitu 34,28 % dan hasil evaluasinya berada pada rata – rata 58,28. Pada siklus I untuk hasil observasinya yaitu meningkat menjadi 48,6 % dan hasil evaluasinya berada pada rata-rata 60,28. Sedangkan siklus II hasil observasinya meningkat menjadi 80% dan rata – rata hasil evaluasi 81,4. Kesimpulan dari penelitian perbaikan ini adalah pembelajaran menggunakan Project Based Learning melalui media diorama pada materi siklus air dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD/MI.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Project Based Learning, Media Diorama
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:09
Last Modified: 11 Dec 2023 09:09
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2914

Actions (login required)

View Item
View Item