Search for collections on Karya Ilmiah

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS 1 MELALUI PENERAPAN MODEL SCRAMBLE DI MI MAZROATUSSHIBYAN

HANNA NAFARACH AL KAMAL (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS 1 MELALUI PENERAPAN MODEL SCRAMBLE DI MI MAZROATUSSHIBYAN. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada peserta didik kelas 1 MI Mazroatusshibyan Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor tahun ajaran 2022/2023 dan untuk mendeskripsikan bagaimana penggunaan pembelajaran menggunakan model scramble dengan media gambar peristiwa siang dan malam dan juga kartu huruf pada peserta didik kelas 1. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 3 kali pertemuan tiap siklusn dengan jumlah 46 peserta didik. Mulai pada pra siklus atau pra Tindakan persentase ketuntasan peserta didik baru mencapai 48%, setelah dilaksanakan Tindakan perbaikan pembelajaran pada siklus I persentase ketuntasan peserta didik meningkat menjadi 56%, padan siklus II meningkat menjadi 70% sehingga peneliti tidak melanjutkan ke siklus III. Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Membaca permulaan dengan penggunaan model scramble dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan di kelas 1 MI Mazroatusshibyan Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor.ABSTRACTThis study aims to improve the reading ability of the beginning of the Indonesian Language Subject in class 1 students MI Mazroatusshibyan, Caringin District, Bogor Regency for the 2022/2023 academic year and to describe how the use of learning using the scramble model with media images of day and night events and also letter cards for participants grade 1 students. This research was conducted in 2 cycles with 3 meetings each cycle with a total of 46 students. Starting in the pre-cycle or pre-action the percentage of students' completeness only reached 48%, after implementing the learning corrective actions in cycle I the percentage of students' completeness increased to 56%, in cycle II it increased to 70% so the researchers did not continue to cycle III. Thus it can be concluded that learning Indonesian in beginning reading by using the scramble model can improve initial reading skills in grade 1 MI Mazroatusshibyan, Caringin District, Bogor Regency.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Model Scramble, Membaca Permulaan, Bahasa IndonesiaKeywords: Scramble Model, Beginning Reading, Indonesian
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:09
Last Modified: 11 Dec 2023 09:09
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2910

Actions (login required)

View Item
View Item