IMAM NURPRASETYO (2023) MENINGKATKAN KETERAMPILANMENULIS TEGAK BERSAMBUNG MELALUI LATIHAN DASARDENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUALPADA SISWA KELAS 2 SD NEGERI 1 CIHAURTAHUN PELAJARAN 2022/2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung pada siswa kelas 2 SD Negeri 1 Cihaur tahun pelajaran 2022/2023. Hal ini dikarenakan siswa belum bisa bagaimana cara menulis tegak bersambung dengan baik dan benar, siswa terlihat belum terampil dan gerakan tangannya masih kaku. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 2 SD Negeri 1 Cihaur yang berjumlah 20 siswa. Selain itu, respon siswa terhadap model pembelajaran kontekstual dan latihan dasar sangat positif, dengan sebagian besar siswa merasa lebih tertarik dan termotivasi dalam pembelajaran menulis tegak bersambung. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pada observasi menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas 58.5 dengan ketuntasan (20%). Pada siklus I nilai rata-rata kelas mencapai 63,1 dengan ketuntasan (66%) dan pada siklus II nilai rata-rata mencapai 71,4 dengan ketuntasan (90%). Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa melalui laatihan dasar dan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung siswa kelas 2 SD Negeri 1 Cihaur.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci :Keterampilan, Tegak Bersambung, Kontekstual |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:09 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:09 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2905 |