ENDANG TRIASTUTI (2023) PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKn DI SEKOLAH DASAR. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendah nya hasil belajar peserta didik pada materi keaneka ragaman karakteristik individu di kelas III SDN Pondok Rajeg. Salah satu solusi untuk masalah ini adalah dengan menggunakan media audio visual. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media audio visual di kelas III SDN Pondok rajeg. Design Penelitian ini menggunakan Penelitian tindakan kelas, dengan jenis penelitian kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN Pondok Rajeg yang berjumlah 27 orang. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi aktivitas pendidik dan peserta didik dan tes tertulis yang dikerjakan secara indiividu. Teknik analisis data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah perpaduan dua teknik yaitu teknik kualitatif dan teknik kuantitatif. Data kualitatif digunakan untuk menganalisis data kemampuan memecahkan masalah selama proses pembelajaran berlangsung. Data kuantitatif dalam penelitian ini adalah selama tes tertulis peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan jumlah peserta didik yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum(KKM) dan peningkatan nilai rata-rata kelas dan klasikal. Nilai rata-rata dan presentasi ketuntasan klasikal siklus 1 pertemuan 2 mencapai 77 %, pada siklus 1I pertemuan ke 3 mencapai 93 %. Kesimpulannya penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Hasil, Media Audio Visual, PKn |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:09 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:09 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2901 |