SHINTA MELANI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM PADA MATERI MENIMBANG BERAT BENDA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS 1 SD NEGERI PASIREURIH 04. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAKPenelitian ini merupakan penelitian tindakan, Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkanpemahaman dan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Matematika dengan menggunakan model pembelajaran PAIKEM. Penelitian ini dilakukan di Kelas 1A SD Negeri Pasireurih 04 pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Latar belakang penelitian ini dikarenakan pembelajaran yang monoton, tidak melibatkan siswa serta media yang kurang tepat sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa.Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik Kelas 1A SD Negeri Pasireurih 04, semester genap tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 34 peserta didik. Objek penelitian adalah hasil belajar Mata Pelajaran Matematika dengan Materi Menimbang Berat Benda. Pelaksanaan penelitianini berlangsung dalam dua siklus selama lebih kurang 2 minggu. Dengan kriteria keberhasilan dalam penelitian apabila nilai rata-rata kelas minimal 75, dan ketuntasan belajar minimal 85.Penggunaan model pembelajaran PAIKEM dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi Menimbang Berat Benda, peserta didik kelas 1A SD Negeri Pasireurih 04 Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023. Kesimpulan tersebut didukung oleh kenaikan hasil belajar peserta didik dengan rata-rata yang terjadi di tiap siklus, dalam pembelajaran Pra-Siklus 67,10, Siklus I sebesar 72,36 dan Siklus II sebesar 89,21. Maka dapat dikatakan penelitian ini telah berhasil.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: PAIKEM, Matematika dan pemahaman |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:09 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:09 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2895 |