SITI NUR'ANISA (2023) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDK PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Abstrak Tugas guru adalah membantu siswanya dalam belajar. Namun kenyataannya guru belum mampu menerapkan metode pembelajaran yang sesuai, bahkan metode yang diterapkan sangat monoton dan membosankan. Hal tersebut menimbulkan masalah rendahnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA dengan penerapan Model Pembelajran PJBL di Kelas V SDN Cibedug 01. Populasi penelitian adalah seluruh murid kelas V di SDN Cibedug 01. Penelitian ini dilakukan di SDN Cibedug 01 dimulai pada tanggal 10 April 2023 sampai 04 Juni 2023, sehingga sejak perencanaan, pelaksanaan, sampai penyelesaian laporan memerlukan waktu kurang lebih 8 minggu. Pengambilan data dilakukan dengan instrumen pengamatan aktivitas guru, aktivitas peserta didik dan ketercapaian KKM mata pelajaran IPA yaitu 72. Hasil penelitian pada pra siklus peserta didik yang mendapat nilai KKM adalah 49%. Pada siklus I nilai KKM sebanyak 63%. Pada siklus II nilai KKM sebanyak 80%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan setelah penerapan Model Pembelajaran PJBL yang ditunjukkan oleh peningkatan nilai akhir dari Pra Siklus, siklus I ke siklus II. Model Pembelajara PJBL efektif digunakan dalam mata pelajaran IPA, terbukti dari meningkatnya aktivitas guru dan aktivitas peserta didik.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Alam, Model pembelajaran Project Based Learning. |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:09 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:09 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2892 |