Search for collections on Karya Ilmiah

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARPADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA(Di Kelas VI Materi Bangun Ruang PrismaSDIT YZA Al Mansyur, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor)

ESA PUTRI ZAHROH (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARPADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA(Di Kelas VI Materi Bangun Ruang PrismaSDIT YZA Al Mansyur, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor). Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Suatu proses pembelajaran diperlukan perbaikan berkelanjutan guna Pendidikan menjadi berkualitas. Berdasarkan pengalaman peneliti, terdapat permasalahan dalam proses pembelajaran yang salah satunya adalah rendahnya hasil belaar peserta didik pada pembelajaran Matematika tentang Bangun Ruang Prisma. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di Kelas VI SDIT YZA Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk memperbaiki proses pembelajaran Matematika dan meningkatkan efektifitaspenerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk memperbaiki proses pembelajaran Matematika sehingga hasil belajar meningkat. Dengan syarat ketuntasan nilai KKM yang ingin dicapai adalah 75% peserta didik mencapai nilai KKM sebesar 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Pra Siklus jumlah peserta didik yang dapat melampaui KKM adalah 37,5% dan tidak melampaui KKM adalah 62,5%. Pada siklus ke-1 yang melampaui KKM adalah 62,5% dan tidak melampaui KKM adalah 37,5%. Pada siklus ke-2 yang melampaui KKM adalah 87,5% dan tidak melampaui KKM adalah 12,5%. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar peserta didik setelah penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Kemudian adanya peningkatan efektifitas penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan dibuktikan dari nilai aktifitas guru dan nilai aktifitas peserta didik.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Materi Bangun Ruang Prisma, Model Pembelajaran PBL, Prestasi Belajar
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:09
Last Modified: 11 Dec 2023 09:09
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2891

Actions (login required)

View Item
View Item