YANTI FITRIYANTI (2023) Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kelas VI SDIT Adzkia 3 Sukabumi pada Materi Sistem Tata Surya. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VI SDIT Adzkia 3 Sukabumi pada Materi Sistem Surya dimana berdasarkan hasil observasi awal hasil belajar siswa masih terhitung rendah. Model penelitian Tindakan kelas yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDIT Adzkia 3 Sukabumi yang berjumlah 25 siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Adapun hasil belajar sebelum diadakan perbaikan (pra siklus) rata – rata nilai kelas yang dicapai adalah 67,5. Sesudah diadakan perbaikan siklus 1 nilai rata-rata kelas yang dicapai adalah 72,4. Setelah diadakan perbaikan siklus 2 rata – rata nilai kelas yang dicapai adalah 81,8. Persentase ketuntasan kelas mulai dari siklus 1, siklus 2 dan siklus 3 mengalami peningkatan yang masing-masing nilainya adalah 44%, 60% dan 92%. Hal ini menunjukan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDIT Adzkia 3 Sukabumi pada mata pelajaran IPA materi Sistem Tata Surya.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | model problem based learning, hasil belajar, dan sistem tata surya |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:09 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:09 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2884 |