SITI ASYIAH (2023) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI TENTANG GAYA DAN GERAK DI KELAS 4 SD NEGERI SUKAASIH 01. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAKGuru memiliki peran penting dalam membuat pelajaran di dalam kelas tidak membosankan. Peran guru tidakk hanya sebagai pemaparan informasi atau ilmu tetapi juga sebagai pemaparan informasi atau ilmu tetapi juga sebagai evaluator sehingga siswa dikelas banyak yang aktif dalam pembelajaran dan proes pembelajaran tidak cenderung pada guru. Penulisan ini dilatar belakangi oleh masalah berupa rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Sukaasih 01. Rendahnya hasil belajar disebabkan karena siswa kurang aktif dan antusias pada saat proses pembelajaran serta metode mengajar yang digunakan guru masih konvensional. Melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode demonstrasi. Metode pengumpulan datanya adalah tes hasil belajar materi pembelajaran IPA Gaya dan Gerak. Hasil yang diperoleh dari penulisan ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Presentase ketuntasan belajar siswa juga mngalami peningkatan. Pada awal pembelajaran ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 25%. Pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 45%, dan pada siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 100%. Kesimpulan yang diperoleh dari penulisan ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar materi Gaya dan Gerak siswa kelas IV semester II SD Negeri Sukaasih 01.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : upaya peningkatan motivasi, metode demonstrasi, model problem based learning |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:09 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:09 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2879 |