Search for collections on Karya Ilmiah

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA KELAS VI SD NEGERI DAGO 03

MIFTAHUL ZANNAH (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA KELAS VI SD NEGERI DAGO 03. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini diawali oleh rasa sulit guru didalam melaksanakan kegiatan pembelajaran IPS. Kemampuam guru yang kurang dalam merancang maupun menerapkan metode maupun media pembelajaran menjadi hambatan dalam pencapaian anak dalam proses belajar IPS. Penelitian ini bagian dari jenis penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk memberikan peningkatan hasil belajar IPS siswa melalui pengaplikasian pembelajaran model discovery learning. Penelitian ini terdiri atas empat tahap, diantaranya perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Perangkat penelitian selama tiga siklus menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran discovery learning model examples non examples berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VI SDN Dago 03. Pencapaian belajar siswa pada siklus I yaitu dari 29 peserta didik hanya 9 peserta didik tuntas atau 31%, setelah tindakan pada siklus II sebanyak 14 siswa tuntas atau 53%, setelah itu terjadi peningkatan pada siklus III sejumlah 24 peserta didik atau 83% peserta didik mencapai hasil yang diharapkan. Adanya peningkatan pencapaian belajar siswa pada siklus I dibandingkan hasil belajar siklus II sejumlah 22%. Ketuntasan belajar klasikal sejumlah 83%.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Hasil belajar, IPS, discovery learning, examples non examples.
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:09
Last Modified: 11 Dec 2023 09:09
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2876

Actions (login required)

View Item
View Item