Search for collections on Karya Ilmiah

PenerapansModel Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sudut Bangun Datardi Kelas IV SDN Dalembalar 2

FAJRUR ROHMAN (2023) PenerapansModel Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sudut Bangun Datardi Kelas IV SDN Dalembalar 2. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini dilakukan karna hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika 33,33% tidak mencapai KKM yang ditentukan dan pemeblajaran pelajaran matematika yang disampaikan oleh guru sulit dipahami siswa dikarnakan siswa pasif sehingga hasil yang diperoleh sisswa rendah pada mata pelajaran sudut bangun datar kelas IV SDN Dalembalar 2. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran RME. Penelitian tindakan kelas adalah jenis penelitian ini. Keefektifan pendekatan RME dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Dalembalar 2 merupakan subjek penelitian tindakan kelas yang menggunakan pendekatan campuran (kualitatif dan kuantitatif).. Subjek penelitian adalah 30 siswa. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil dari dua siklus menunjukkan peningkatan hasil belajar. Pada awalnya, 66,67% siswa mencapai ketuntasan, tetapi pada siklus I meningkat menjadi 80%, dan pada siklus II meningkat menjadi 93,33%. Kesimpulannya, penerapan pendekatan RME telah terbukti meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika kelas IV SDN Dalembalar 2.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Sudut bangun datar, Realistic Mathematics Education
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:09
Last Modified: 11 Dec 2023 09:09
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2875

Actions (login required)

View Item
View Item