Search for collections on Karya Ilmiah

Implementasi Model Pembelajaran Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPS Kelas V di SD Highscope Bintaro

RADITYA EKA SUGIARTI (2023) Implementasi Model Pembelajaran Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPS Kelas V di SD Highscope Bintaro. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fase Post-pandemic merupakan waktu yang menantang bagi guru dan siswa. Rendahnya minat dan hasil belajar siswa terhadap pelajaran Ilmu Pendidikan Sosial adalah salah satunya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar 20 siswa kelas V SD HighScope Indonesia Bintaro pada topik sejarah penjajahan Indonesia. Penelitian ini berjenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data dikumpulkan melalui hasil post-test mata pelajaran IPS, dan rubrik kinerja digunakan untuk menilai hasil mind map siswa. Data dianalisis dengan metode analisis statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah penerapan pembelajaran mind map, terbukti pada siklus I yaitu nilai rata-rata 75 dengan persentase sebesar 70%. Dan mengalami peningkatan di siklus II nilai rata-rata nilai menjadi 86 dengan persentase keberhasilan sebesar 90%. Maka, model pembelajaran model mind mapping ini dapat menjadi referensi guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: mind mapping, hasil belajar, IPS.
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:09
Last Modified: 11 Dec 2023 09:09
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2871

Actions (login required)

View Item
View Item