Search for collections on Karya Ilmiah

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI SD JAKARTA NANYANG SCHOOL

LUCIA RETNO PALUPI (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI SD JAKARTA NANYANG SCHOOL. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fase Post-pandemic merupakan waktu yang menantang bagi guru dan siswa. Rendahnya minat dan hasil belajar siswa terhadap matematika serta kemampuan bekerja sama dengan siswa lain adalah salah satunya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Jakarta Nanyang School pada topik pecahan. Penelitian tindakan kelas ini melibatkan observasi, tes dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Analisis data dilakukan dengan cara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 79 mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 91. Nilai observasi aktivitas siswa pada siklus I yaitu 70 kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 88. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, terbukti pada siklus I yaitu nilai rata-rata 67 dengan persentase sebesar 50%. Dan mengalami peningkatan di siklus II nilai rata-rata nilai menjadi 82 dengan persentase keberhasilan sebesar 81%. Maka, model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ini dapat menjadi referensi guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, matematika, model jigsaw
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:09
Last Modified: 11 Dec 2023 09:09
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2870

Actions (login required)

View Item
View Item