Search for collections on Karya Ilmiah

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pengukuran Berat dengan Media Gambar

NENENG LATIFAH (2023) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pengukuran Berat dengan Media Gambar. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mata pelajaran matematika bagi beberapa siswa masih dianggap sebagai mata pelajaran yang dianggap sulit. Lebih-lebih kelas rendah. Tujuan dari penelitian dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II semester 2 pada mata pelajaran matematika materi tentang pengukuran berat benda dengan media gambar. Penelitian ini dilakukan berupa penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus. Siklus 1 dilaksanakan berdasarkan hasil belajar siswa pada pra siklus yang belum mencapai KKM sebesar 70.Karena pada Pra siklus hanya menggunakan metode ceramah dan tidak menggunakan alat peraga. Pembelajaran siklus 1 dan siklus 2 dilaksanakan berdasarkan hasil refleksi pelaksanaan pembelajaran sebelumnya dengan metode diskusi dan alat peraga Media gambar. Dari hasil penelitian diperoleh dari tes formatif setiap siklus dan dianalisa secara cermat oleh peneliti.Ternyata dari hasil analisa tersebut, peneliti mendapatkan hasil yang memuaskan.Terrbukti dari hasil belajar pra siklus. Siswa yang mencapai nilai KKM, sebanyak 10 anak atau 41,67 %. Kemudian pada siklus 1 naik menjadi 15 siswa atau 62,5 % dan pada siklus 2 mencapai 22 siswa atau 91,67 %. Dari data tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pengukuran Berat, Media Gambar
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:09
Last Modified: 11 Dec 2023 09:09
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2868

Actions (login required)

View Item
View Item