Search for collections on Karya Ilmiah

Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Menggunakan Model Pebelajaran Kooperatif Tipe STAD Kelas VI SD Jaya Manggala

DARIYANTO (2023) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Menggunakan Model Pebelajaran Kooperatif Tipe STAD Kelas VI SD Jaya Manggala. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak: Kendala saat ini yang terjadi dalam proses pembelajaran yaitu lemahnya sistem pengelola kelas ketika proses pembelajaran berlangsung. Selama pembelajaran, kurangnya motivasi siswa didorong dalam mengembangkan kemampuan berpartisipasi aktif. Dalam kelas, fokus utama pembelajaran adalah pada kemampuan siswa untuk memahami dan menerapkan informasi, bukan sekadar menghafalnya.. Proses pembelajaran seperti ini cenderung memaksa siswa hanya mengingat dan menimbun berbagai informasi tanpa diberi pemahaman yang mendorong siswa aktif. Pemahaman yang rendah membuat siswa kesulitan dalam mengaplikasikan dalam kehidupan. Pembelajaran kooperatif adalah salah satu bentuk pembelajaran yang dirancang untuk mengembangkan kecakapan akademik sekaligus keterampilan sosial ketika proses pembelajaran. Pembelajaran kooperatif adalah pendekatan belajar di mana sekelompok siswa dengan kemiripan tertentu bekerja bersama untuk saling mendukung dalam memahami materi pelajaran. Pembelajaran ini dianggap belum selesai jika masih terdapat siswa di dalam kelompok yang belum memahami sepenuhnya materi tersebut. Dalam penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif, peneliti menggunakan sejumlah mekanisme untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) berdampak positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa, berdasarkan data yang telah dikumpulkan oleh peneliti. Penerapan model pembelajaran tersebut dapat menjadikan siswa cepat tanggap dalam menyelesaikan masalah, siswa memilki sikap kerjasama, saling berinteraksi dalam kelompok, serta siswa dengan guru.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: hasil belajar siswa, model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions).
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:09
Last Modified: 11 Dec 2023 09:09
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2867

Actions (login required)

View Item
View Item