Search for collections on Karya Ilmiah

Peningkatan Hasil Belajar Pembelajaran IPA Materi Day & Night dengan Metode Game-Based Learning di Kelas 1 SD GIS 2 Serpong

NABILA NURFAIZTY (2023) Peningkatan Hasil Belajar Pembelajaran IPA Materi Day & Night dengan Metode Game-Based Learning di Kelas 1 SD GIS 2 Serpong. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan metode Game-based Learning khususnya untuk materi Day & Night di kelas 1 SD GIS 2 Serpong. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang tidak maksimal dikarenakan metode pembelajaran yang tidak variatif dan cenderung teacher centered. Penelitian ini melalui beberapa tahapan yaitu tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilakukan dalam 2 siklus. Proses perbaikan yang dilakukan di setiap siklus mengacu pada refleksi dari kelebihan dan kelemahan yang terjadi pada siklus tersebut. Dari pelaksanaan kedua siklus, didapatkan data dengan rata-rata nilai kelas sebesar 79,5 dengan jumlah siswa yang belum melewati KKM sebanyak 4 siswa. Sedangkan data yang didapat pada siklus 2 yaitu nilai rata-rata kelas sebesar 90 dengan jumlah siswa yang tidak melewati KKM sebanyak 1 siswa. Dari hasil tersebut, terdapat peningkatan baik dalam jumlah siswa yang mendapat nilai melewati KKM maupun rentang nilai yang didapatkan dari tiap siswa.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Game-based Learning, Hasil Belajar, IPA
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:09
Last Modified: 11 Dec 2023 09:09
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2854

Actions (login required)

View Item
View Item