ALMATHROJI (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS KETERAMPILAN ABAD 21 DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD NEGERI CIBODASMELALUI METODE PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi penggunaan strategi pembelajaran berbasis keterampilan abad 21 dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Cibodas. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan melibatkan 30 siswa sebagai partisipan selama tiga siklus. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan observasi terhadap proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran berbasis keterampilan abad 21 secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan tersebut terlihat dari peningkatan rata-rata skor tes siswa pada setiap siklus. Selain itu, melalui observasi terhadap proses pembelajaran, ditemukan bahwa strategi pembelajaran berbasis keterampilan abad 21 dapat meningkatkan keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran, meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kolaborasi, komunikasi, dan kreativitas siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya mengintegrasikan strategi pembelajaran berbasis keterampilan abad 21 dalam desain pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa di tingkat SD. Penelitian ini juga memberikan kontribusi dalam pengembangan pendidikan yang berfokus pada pengembangan keterampilan abad 21 guna menghadapi tantangan masa depan.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran, Kreativitas, Keterampilan, Abad 21, Hasil Belajar. |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:09 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:09 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2841 |