Search for collections on Karya Ilmiah

UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BERHITUNG PENGURANGAN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNINGSISWA KELAS 1 SDN JALUPANG

REFIANI MARDIA KURNIAWATI (2023) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BERHITUNG PENGURANGAN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNINGSISWA KELAS 1 SDN JALUPANG. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mengajarkan berhitung pengurangan matematika pada sekolah dasar bukan termasuk hal yang mudah perlu kemampuan menjelaskan guru, bahan ajar yang sesuai dan metode yang tepat. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa matematika berhitung pengurangan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. penelitian ini berjenis PTK, Objek penelitian ini berada di kelas 1 SDN Jalupang sebanyak 31 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki – laki dan 13 siswa perempuan. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes pengurangan soal cerita matematika, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini berdasarkan 2 siklus setiap siklus terdiri dari yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dapat di lihat pada siklus I mendapatkan skor rata-rata pada siklus I 65 dengan siswa yang tuntas 65% dengan kriteria cukup, Sedangkan untuk siklus II mendapatkan skor rata-rata 76 dengan siswa yang tuntas 90% dengan kriteria sangat baik. Maka dapat disimpulkan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi pengurangan di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Matematika, Motivasi, Pengurangan, Problem Based Learning.
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:08
Last Modified: 11 Dec 2023 09:08
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2829

Actions (login required)

View Item
View Item