Search for collections on Karya Ilmiah

UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE DEMONSTRASI DENGAN MEDIA KARTU BERGAMBAR BAGI SISWA KELAS V SD BINA INSANI KECAMATAN PINANG KOTA TANGERANG

SAVITRI FEBRIYANAH (2023) UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE DEMONSTRASI DENGAN MEDIA KARTU BERGAMBAR BAGI SISWA KELAS V SD BINA INSANI KECAMATAN PINANG KOTA TANGERANG. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah untuk perbaikan dan peningkatan praktik pembelajaran dan untuk peningkatan pelayanan profesional guru dalam menangani proses belajar mengajar. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Bina Insani , kecamatan Pinang Kota Tangerang dengan Siswa berjumlah 28 orang. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA tentang Pengelompokan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya sesuai dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yakni 65. Pada hasil belajar siklus I menunjukkan nilai rata-rata kelas V adalah 51,79 dan berada pada kategori rendah dengan persentase sebesar (74,97 %). Pada pembelajaran siklus II, hasil yang diperoleh semakin meningkat yaitu persentase ketuntasan mencapai (100%) dengan nilai rata-rata yang diperoleh 87,86. Nilai ini menunjukkan adanya peningkatan dari hasil yang diperoleh pada pembelajaran siklus I. Hasil ini menunjukkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V di SD Bina Insani Kecamatan Pinang Kota Tangerang.ABSTRACTThe purpose of this research is to improve and improve learning practices and to improve teacher professional services in handling the teaching and learning process. The subjects in this study were fifth grade students at Bina Insani Elementary School, Pinang sub-district, Tangerang City with 28 students. Student learning outcomes in science learning about Classifying Animals Based on the Type of Food in accordance with KKM (Minimum Completeness Criteria), namely 65. In cycle I learning outcomes showed the average value of class V was 51.79 and was in the low category with a percentage of (74, 97 %). In cycle II learning, the results obtained increased, namely the percentage of completeness reached (100%) with an average value obtained of 87.86. This value indicates an increase in the results obtained in the first cycle of learning. These results indicate that the demonstration method can improve science learning outcomes for fifth grade students at Bina Insani Elementary School, Pinang District, Tangerang City.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Hasil Belajar, Metode Demonstrasi, Pengelompokan HewanKeywords: Learning Outcomes, Demonstration Methods, Grouping Animals
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:08
Last Modified: 11 Dec 2023 09:08
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2828

Actions (login required)

View Item
View Item