Search for collections on Karya Ilmiah

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Menggunakan Media Gambar pada Siswa Kelas IV SDN Anamui Kecamatan Cisauk Kabupaten Tangerang

RIFKA PUSPITA (2023) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Menggunakan Media Gambar pada Siswa Kelas IV SDN Anamui Kecamatan Cisauk Kabupaten Tangerang. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam Pembelajaran IPA sebenarnya banyak metode yang dapat diterapkan seperti metode ceramah, metode tanya jawab, metode pemberian tugas dan lain-lain. Namun kenyataannya guru lebih banyak mengajar dengan menggunakan metode ceramah, sehingga guru lebih dominan sebagai nara sumber. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengkaji kemampuan siswa kelas IV SDN Anamui dalam pembelajaran IPA pada materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya (2) Untuk mengkaji kemampuan siswa kelas IV SDN Anamui dalam pembelajaran IPA pada materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya setelah menggunakan media gambar (3) untuk mengkaji hasil belajar siswa dengan menggunakan media gambar dalam pembelajaran IPA pada materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya di kelas IV SDN Anamui. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, penelitian, serta hasil dari pembelajaran IPA pokok bahasan penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya menggunakan media gambar. Adapun subjek penelitian adalah kelas IV SDN Anamui dan instrument penelitian yang digunakan peneliti adalah tekhnik observasi, wawancara dan angket. Kesimpulan dari penelitian ini dengan dilihat dari hasil nilai siswa berdasarkan standar nilai KKM ada peningkatan nilai yang diperoleh siswa yaitu siklus satu 25%, siklus dua 90%. Dengan demikian pembelajaran membutuhkan media, dengan menggunakan media gambar cukup efektif dibandingkan dengan tanpa menggunakan media gambar.Kata kunci: Belajar, IPA, MediaAbstractIn learning science, there are actually many methods that can be applied, such as the lecture method, question and answer method, assignment method and others. However, in reality teachers teach more using the lecture method, so that teachers are more dominant as resource persons. The aims of this study were: (1) to examine the ability of fourth grade students at Anamui Elementary School in science learning in classifying animals based on the type of food (2) to examine the ability of fourth grade students at Anamui Elementary School in learning science on animal classification material based on the type of food after using it. media images (3) to examine student learning outcomes by using media images in science learning on animal classification material based on the type of food in class IV SDN Anamui. This study aims to determine the planning, implementation, research, and the results of learning science on the subject of classifying animals based on the type of food using picture media. The research subjects were class IV of SDN Anamui and the research instruments used by researchers were observation techniques, interviews and questionnaires. The conclusion of this study, seen from the results of student scores based on KKM standard scores, there was an increase in the scores obtained by students, namely cycle one 25%, cycle two 90%. Thus learning requires media, using media images is quite effective compared to without using media images.Keywords: Study, Science, Media.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Keywords: Study, Science, Media.
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:08
Last Modified: 11 Dec 2023 09:08
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2824

Actions (login required)

View Item
View Item