FARAH DIBA (2023) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Demonstrasi Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas III di MI An-Nuriyah Kota Tangerang. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Hasil belajar siswa pada materi Matematika masih rendah. Rata-rata ulangan harian siswa kelas III masih kurang dari kriteria ideal ketuntasan yang diberlakukan di MI An-Nuriyah yaitu 85% siswa atau lebih memperoleh nilai 75. Hal ini disebabkan siswa kurang menyadari pentingnya memahami dan menguasai materi yang telah disampaikan, dan juga dalam mengajar guru hanya menyampaikan materi. Untuk meningkatkan penguasaan siswa terhadap materi ini, maka dilaksanakan perbaikan pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas. Dengan adanya permasalahan diatas, salah satu upaya yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika adalah penggunaan metode demonstrasi. Subjek penelitian adalah siswa siswi kelas III (tiga) tahun pelajaran 2022-2023 berjumlah 25 siswa dengan 12 laki-laki dan 13 perempuan. Prosedur penilitian yang dilakukan berupa perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan, evaluasi-refleksi yang bersifat daur ulang atau siklus. Hasil evaluasi Siklus I. Penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran dalam proses belajar mengajar, penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran pun masih tergolong kurang. Dari skor ideal 100, skor perolehan rata-rata hanya mencapai 72,80 atau 72,80 %. Pada Siklus II, skor perolehan rata-rata mencapai 85,60 atau 85,60 %. Jadi penerapan Metode Demontrasi dapat meningkatkan hasil belajar pada materi bangun datar mata pelajaran Matematika di Kelas III di MI An-Nuriyah
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | belajar,demonstrasi,matematika |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:08 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:08 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2821 |