DIANA (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TEMA CERITA FIKSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN 1 Cimangeunteung Kec Rangkasbitung Kab Lebak,Provinsi Banten Tahun Ajaran 2022/2023 Pada prosesnya sudah dilaksanakan secara baik, guru sudah menggunakan model pembelajaran dalam setiap proses pembelajaran setiap mata pelajaran. Akan tetapi penggunannya kurang maksimal Dari penelitian yang dilakukan oleh penulis yang berlangsung sebanyak tiga siklus dengan menggunakan model Pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan minat ( motivasi) dan hasil belajar siswa. Pada siklus I hasil evaluasi rata-rata 67.2 kemudian meningkat menjadi 70.76 pada siklus II, dan akhirnya pada siklus III meningkat lagi menjadi 73.1. Dan untuk ketuntasan belajar klasikalnya meningkat dari 33% pada siklus I menjadi 86% pada Siklus II, dan akhirnya menjadi 100% ada siklus III.Berdasarkan peningkatan nilai tersebut dapat dikatakan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model Pembelajaran Picture and Picture dan alat peraga dapat dikatakan berhasil, karena penggunaan model Pembelajaran Picture and Picture dan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap konsep-konsep pembelajaran Bahasa Indonesia. Keberhasilan KBM tersebut tidak terlepas dari kemampuan dan kerjasama peneliti dalam memanfaatkan berbagi komponen yang tersedia untuk menggali kreatifitas siswa, karena bagaimanapun pintarnya seorang guru tanpa disertai kompetensi guru dalam menggali kreatifitas siswa, KBM tidak akan optimal.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci:hasil belajar, cerita fiksi, Bahasa Indonesia |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:08 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:08 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2813 |