Search for collections on Karya Ilmiah

Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Gaya Belajar untuk Siswa Sekolah Dasar

RIZKI MAHRANI (2023) Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Gaya Belajar untuk Siswa Sekolah Dasar. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Siswa sebagai individu yang memiliki kepribadian dan keunikannya masing-masing selayaknya mendapatkan pembelajaran yang sesuai dengan karakter mereka. Oleh karena itu, Pembelajaran seharusnya bisa mengakomodasi gaya belajar setiap individu agar pembelajaran yang dihasilkan mampu memenuhi kebutuhan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Gaya Belajar untuk Siswa Sekolah Dasar. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen one group pretest. Penelitian ini tidak menggunakan kelompok kontrol. Desain ini dilakukan dengan membandingkan hasil pre test dan post test pada kelompok yang diujicobakan. Teknik penelitian dilakukan dengan observasi, tes, dan wawancara. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas 5 di SD Islam Al Azhar 5 Kemandoran Tahun Pelajaran 2022/2023. Pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan gaya belajar dilakukan dengan memperhatikan gaya belajar masing-masing siswa. Siswa sangat tertarik mengikuti pembelajaran yang dilakukan dengan gaya belajar masing-masing. Hal ini dapat dibuktikan dengan siswa dengan gaya belajar visual yang fokus memperhatikan ketika peneliti menampilkan video materi. Siswa dengan gaya belajar kinestetik juga sangat antusias ketika guru meminta siswa untuk melakukan demonstrasi pengumpulan data di depan kelas. Saat kegiatan diskusi kelas berlangsung juga terlihat lebih kondusif. Hal ini terlihat dari cara siswa yang fokus pada tugas masing-masing. Siswa dapat efektif bekerja sama dengan teman yang sama gaya belajarnya. Sehingga pekerjaan cepat selesai walaupun waktu yang diberikan guru hanya sedikit.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, berdiferensiasi, gaya belajar, minat, karakteristik.
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:08
Last Modified: 11 Dec 2023 09:08
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2811

Actions (login required)

View Item
View Item