MUHAMAD MUAKKADA (2023) Meningkatkan pemahaman konsep operasi pecahan menggunakan metode demonstrasi pada siswa kelas IV SDIT Harapan Ummah Karawang. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah belum tercapainya nilai rata-rata siswa kelas IV SDIT Harapan Ummah pada pembelajaran matematika materi operasi pecahan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika materi operasi pecahan yang tidak memuaskan, Data hasil belajar siswa dapat dilihat bahwa 70% dari seluruh siswa mendapat nilai kurang dari KKM, Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep operasi pecahan pada siswa kelas IV SDIT Harapan Ummah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dalam dua siklus perbaikan dalam pembelajaran. Metode pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode demonstrasi. Penggunaan menggunakan metode demonstrasi dapat memudahkan siswa untuk memahami konsep operasi pecahan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari setiap siklus. Pada kondisi awal nilai rata-rata siswa adalah 58,75, kemudian terjadi peningkatan pada siklus I menjadi 67,92 dan terjadi peningkatan kembali menjadi 82,08 di siklus II. Maka dapat disimpulakan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan pemahaman konsep operasi pecahan pada siswa kelas IV SDIT Harapan Ummah.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Metode demonstrasi, Operasi pecahan |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:08 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:08 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2806 |