Search for collections on Karya Ilmiah

Pembelajaran Team Games Tournament berbantu Flash Card Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar

CITRA NURKAMILAH (2023) Pembelajaran Team Games Tournament berbantu Flash Card Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan hasil belajar siswa yang terjadi di kelas IV SDN Telukbango II pada mata pelajaran IPS materi kerajaan Hindu dan Budha di Nusantara yang tergolong sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa dengan menerapkan pembelajaran Team Games Tournament berbantu media flash card. Penelitian ini berdesain Classroom Action Research yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan yang berulang yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah 22 siswa kelas IV yang terdiri dari 12 laki-laki dan 10 perempuan. Adapun teknik pengumpulan data yaitu lembar hasil tes dan lembar observasi siswa. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian setelah menerapkan pembelajaran Team Games Tournament berbantu flash card disimpulkan dapat berkontribusi pada peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Telukbango II pada materi kerajaan Hindu dan Budha di Nusantara. Dimana pada pra siklus nilai rata-rata siswa adalah 58,6 dengan ketuntasan sebesar 36,4%, mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 69,5 dengan ketuntasan sebesar 68,2%. Dan meningkat secara signifikan pada siklus II, nilai rata-rata siswa menjadi 81,8 dengan ketuntasan sebesar 95,5%.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Flash Card, Hasil Belajar IPS, Kooperatif, Team Games Tournament
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:08
Last Modified: 11 Dec 2023 09:08
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2803

Actions (login required)

View Item
View Item