INA AULINA GUNAWAN (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING KELAS I SDIT TAWAKKAL NURSALAM. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAKDalam proses pembelajaran, guru merupakan komponen yang penting. Karena guru harus dapat membimbing siswa sedemikian rupa sehingga mereka dapat mengembangkan pengetahuannya sesuai dengan struktur pengetahuan mata pelajaran yang dipelajarinya. Pada jenjang sekolah dasar mata pelajaran matematika masih sulit di transfer kepada siswa sehingga banyak siswa yang merasa kesulitan dalam belajar matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berhitung siswa baik dalam penjumlahan dan pengurangan di SDIT Tawakkal Nursalam. Penelitian ini dilakukan di kelas I SDIT Tawakkal Nursalam. Penelitian ini menerapkan 2 siklus. Subjek penelitian yang dilakukan terdiri dari 15 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan informasi yang dihasilkan dari penelitian ini adalah melalui tes formatif dengan lembar observasi kegiatan belajar dan mengajar. Hasil belajar siswa yang terdapat pada siklus 1 mendapatkan nilai rata-rata kelas 68 dengan persentasenya 33% siswa dapat menuntaskan pelajaran. Sedangkan di siklus II rata-rata nilai tercapai 80 dengan hasil 87% siswa mampu menuntaskan pelajaran. Kesimpulan pada penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan hasil berhitung penjumlahan dan pengurangan pada siswa di SDIT Tawakkal Nursalam.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: matematika, kemampuan berhitung, model pembelajaran Problem Based Learning |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:08 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:08 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2802 |