Search for collections on Karya Ilmiah

MODEL JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS II SD ABDI SISWA JAKARTA

YESSY PRICILLIA UDURMAULI (2023) MODEL JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS II SD ABDI SISWA JAKARTA. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian dengan menggunakan model kooperatif teknik jigsaw dilaksanakan untuk mengangkat sebuah fenomena pembelajaran Bahasa Indoensia di kelas yang diprediksi dapat meningkatkan perhatian, keberanian, dan kesungguhan siswa sehingga siswa menjadi aktif dan kreatif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tekhnik observasi dan metode kuantitatif dengan teknik penghitungan nilai akhir siswa pada pascates. Jumlah siswa yang diteliti sebanyak 32 orang siswa kelas 2, mencakup langkah-langkah penelitian, perencanaan, pelaksanaan (action), observasi dan refleksi dengan 2 siklus. Dari hasil penelitian pada siklus I dan II, penerapan metode jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indoensia siswa menunjukkan adanya kemajuan dengan katergori positif, hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata pretes dan postes pada siklus pertama sebesar 11,9 sedangkan nilai rata-rata pretes dan postes pada siklus kedua sebesar 50,1. Adapun perbandingan jumlah peningkatan hasil belajar kognitif dari siklus pertama dengan siklus kedua yaitu sebesar 10,43. Nilai rata-rata hasil belajar afektif siswa pada siklus pertama 65,64 sedangkan pada siklus kedua sebesar 86,1. Hal ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar afektif (sikap) sebesar 20,46.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Hasil belajar, Model jigsaw
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:08
Last Modified: 11 Dec 2023 09:08
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2799

Actions (login required)

View Item
View Item