AYUNINDA ERDIANI (2023) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 6 SD GIS DENGAN PERMAINAN (GAMES) DALAM PEMBELAJARAN IPS. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi akibat hasil belajar siswa yang tidak memenuhi KKM yang disebabkan banyaknya materi pembelajaran IPS yang memerlukan hafalan. Materi yang banyak dan sulit ditambah dengan kegiatan pembelajaran yang membosankan menjadikan siswa tidak tertarik terhadap pembelajaran IPS. Karena itu, peneliti melakukan kegiatan penelitian tindakan kelas untuk memperbaiki hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan pembelajaran kooperatif dengan games. Penerapan pembelajaran kooperatif ini diharapkan mampu mendorong siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran serta mendorong siswa untuk belajar bekerja sama dengan teman dalam satu kelompok. Penelitian ini dikumpulkan dan dianalisis dengan metode kuantitatif deskriptif. Penelitian ini menerapkan model 2 siklus. Berdasarkan hasil pengamatan dan hasil belajar siswa, dapat dikatakan bahwa terjadi peningkatan rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus 1 sebanyak 34% dan dari siklus 1 ke siklus 2 sebanyak 27 %. Dengan adanya perbaikan pembelajaran kooperatif, siswa juga dengan lebih aktif dalam kegiatan, bertukar ide, maupun informasi dan bekerja sama dengan teman-temannya sehingga mampu meningkatkan hasil belajarnya.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | cooperative learning, PTK, hasil belajar, pelajaran IPS, games. |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:08 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:08 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2784 |