Search for collections on Karya Ilmiah

PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PENINGKATAN PEMAHAMAN POLA BARISAN BANGUN RUANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY

RURI WIDYASTUTIEK (2023) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PENINGKATAN PEMAHAMAN POLA BARISAN BANGUN RUANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PENINGKATAN PEMAHAMAN POLA BARISAN BANGUN RUANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAYPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) peningkatan pemahaman konsep pola barisan bangun ruang, (2) Sikap siswa terhadap model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dalam dua siklus, masing–masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 2D SDIT Al Halimiyah sebanyak 26 siswa pada semester ganjil Tahun Ajaran 2022/23. Data pemahaman konsep pola barisan bangun ruang siswa dikumpulkan menggunakan tes pemahaman tulis / evaluasi dan sikap siswa terhadap penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS). Data yang digunakan adalah dana kuantitatif dan data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi pemahaman peningkatan pola barisan bangun ruang berdasarkan lembar hasil tes siswa yang diamati guru dari siklus 1 mendapatkan skor 67 (cukup) dan siklus 2 mendapatkan skor 82 (baik), juga terjadi perubahan sikap siswa pada pemahan pola barisan bangun ruang saat menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) pada siswa kelas 2D terdapat yaitu peningkatan hasil keaktifan siswa dari 68 menjadi 79, hasil konsetrasi (kefokusan) siswa saat materi berlangsung dari 68 menjadi 85, hasil disiplin siswa mengumpulkan tugas dari 71 menjadi 76, hasil kejujuran siswa dalam mengerjakan tugas dari 73 menjadi 83 dan hasil kemandirian siswa dalam mengerjakan tugas dari 70 menjadi 81.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS), penilaian observasi, pemahaman konsep pola barisan bangun ruang
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:08
Last Modified: 11 Dec 2023 09:08
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2781

Actions (login required)

View Item
View Item