Search for collections on Karya Ilmiah

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI DONGENG DENGAN METODE BERMAIN PERAN DI KELAS II SD SANTA MARIA MONICA KOTA BEKASI

IYUS SIANA (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI DONGENG DENGAN METODE BERMAIN PERAN DI KELAS II SD SANTA MARIA MONICA KOTA BEKASI. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penulis bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran bahasa indonesia dalam materi dongeng pada siswa kelas II SD Santa Maria Monica Kota Bekasi. Peneliti melakukan penelitian juga sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar dan juga meningkatkan minat siswa dapat materi yang diajarkan. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) juga yang bekerjasama dengan guru dan kepala sekolah dan juga terdapat 2 siklus yang merupakan bagian dari penelitian ini. Siswa yang terlibat ada 29 orang yang menjadi subjek penelitian dan lembar kerja peserta didik yang merupakan instrumen yang nantinya dianalisis dengan metode kualitatif yaitu mencari data yang terbaik. Dari hasil pengumpulan data menggunakan metode kualitatif dapat disimpulkan bahwa metode role play pada materi dongeng meningkatkan hasil belajar siswa. Rata-rata pada hasil belajar siswa di siklus 1 meningkat 6,28% dan pada siklus 2 terdapat peningkatan yang signifikan yaitu 82%. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa menggunakan metode role play dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan siswa juga memahami serta meningkatkan antusias siswa dalam materi tersebut.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Role Play, Hasil Belajar Bahasa Indonesia, Penelitian Tindakan Kelas
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:08
Last Modified: 11 Dec 2023 09:08
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2779

Actions (login required)

View Item
View Item