Search for collections on Karya Ilmiah

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERKEMBANGBIAKAN MAKHLUK HIDUP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) DAN MEDIA VIDEO SISWA KELAS VI SDS ISLAM AL-I’TISHOM KELURAHAN LENTENG AGUNG KECAMATAN JAGAKARSA JAKARTA SELATAN TAHUN AJARAN 2022/2023

MUHAMMAD ADAM (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERKEMBANGBIAKAN MAKHLUK HIDUP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) DAN MEDIA VIDEO SISWA KELAS VI SDS ISLAM AL-I’TISHOM KELURAHAN LENTENG AGUNG KECAMATAN JAGAKARSA JAKARTA SELATAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilakukan oleh peneliti disebabkan karena rendahnya kualitas pembelajaran yang berdampak pada hasil belajar siswa, diantaranya : siswa kurang berani mengemukakan pendapatnya kepada siswa lain, siswa kurang bisa menemukan gagasannua sendiri dan siswa belum biasa menyampaikan pendapat ketika pembelajaran sedang berlangsung. Adapun tujuan dari penelitian perbaikan pembelajaran adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif dengan tipe STAD dan media video, dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA tentang Perkembangbiakan Makhluk Hidup di Kelas VI SDS Islam Al-I’tishom. Penelitian ini dilaksanakan di SD Islam Al-I’tishom Kelurahan Lenteng Agung Kecamatan Jagakarsa. Subjek dari penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VI (Enam) dengan jumlah 36 peserta didik (laki-laki = 27, perempuan = 9) Tahun Ajaran 2022/2023. Hasil dari penelitian ini, mendapatkan nilai rata-rata pada siklus pertama sebesar 61,29 dengan siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM sebesar 44,44% sedangkan siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM sebesar 55,56%. Lalu pada siklus kedua mengalami peningkatan kembali dengan nilai rata-rata sebesar 70,00 dengan siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM sebesar 61,11% sedangkan siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM sebesar 38,89%. Kemudian pada siklus ketiga, mengalami kemajuan yang lebih baik dengan nilai rata-rata sebesar 80,56 dengan siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM sebesar 86,11% dan siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM sebesar 13,89%. Jadi dengan menerapkan pembelajaran kooperatif dengan tipe STAD dan dibantu media video, dapat membantu kemajuan bagi hasil belajar siswa di kelas VI SDS Islam Al-I’tishom.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, dan IPA
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:07
Last Modified: 11 Dec 2023 09:07
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2778

Actions (login required)

View Item
View Item