MURNIYASIH (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ENERGI MELALUI METODE PERCOBAAN ENERGI ALTERNATIF SISWA KELAS IV SD AVICENNA KECAMATAN JAGAKARSA JAKARTA SELATANTAHUN PELAJARAN 2022/2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penggunaan metode eksperimen untuk meningkatan hasil belajar IPA tentang kentang sebagai sumber energi alternative di kelas IV SD Avicenna Kecamatan Jagakarsa Jakarta Selatan. Tujuan penelitian adalah mendiskripsikan penggunaan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar IPA tentang kentang sebagai sumber energi alternative di kelas IV SD Avicenna Kecamatan Jagakarsa Jakarta Selatan. Menjelaskan pengaruh penggunaan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar IPA tentang kentang sebagai sumber energi alternative di kelas IV SD Avicenna Kecamatan Jagakarsa Jakarta Selatan. Memaparkan evaluasi penggunaan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar IPA tentang kentang sebagai sumber energi alternative di kelas IV SD Avicenna Kecamatan Jagakarsa Jakarta Selatan. Metode penelitian menggunakan kombinasi dari metode kualitatif dan metode kuantitatif secara berimbang. Untuk menemukan informasi data menggunakan metode kualitatif, dalam perolehan dan penghitungan data menggunakan metode kuantitatif. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas IV SD Avicenna Kecamatan Jagakarsa Jakarta Selatan. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara,, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan kredibilitas, konfirmabilitas, dan dependabilitas. Pada proses pembelajaran mengidentifikasi manfaat kentang sebagai sumber energi alternative dalam kehidupan sehari-hari di kelas IV SD Avicenna Kecamatan Jagakarsa Jakarta Selatan, sangat merisaukan karena hasil ketuntasan belajar dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 78. Begitu luasnya materi tentang sumber energi alternative menyebabkan peserta didik sulit untuk diajak berfikir kritis dan kreatif dalam mensikapi masalah yang berbeda. Hasil penelitian yang dari data hasil ulangan rata-rata ketuntasan belajar pada siklus I adalah 66,09, dan pada siklus II rata-rata ketuntasan mencapai 89,96.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Metode Eksperimen, Hasil Belajar, IPA, Kelas IV |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:07 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:07 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2775 |