Search for collections on Karya Ilmiah

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI SIFAT-SIFAT AIR DENGAN METODE EKSPERIMENDI KELAS 4 SDIT BAITURRAHMANKOTA JAKARTA BARAT

TESTING VALIDASI LARAS (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI SIFAT-SIFAT AIR DENGAN METODE EKSPERIMENDI KELAS 4 SDIT BAITURRAHMANKOTA JAKARTA BARAT. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKPenelitian Tindakan Kelas ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar IPA pada materi sifat-sifat air di kelas IV dengan metode eksperimen. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada materi sifat-sifat air. Subjek penelitian adalah mata pelajaran IPA pada Siswa Kelas IV SDIT Baiturrahman Citra Jakarta Barat, peserta didik pada penelitian Tindakan kelas sebanyak 24 siswa. Penelitian dilaksanakan di semester 2 tahun pelajaran 2022/2023, selama II siklus. Data yang dikumpulkan yaitu kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa data yang diperoleh dari tes formatif pada setiap siklus. Sedangkan data kualitatif adalah hasil observasi pada tiap siklus pembelajaran. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan kriteria keberhasilan untuk mengetahui hasil dari belajar siswa. Hasil belajar siswa pada pra siklus hanya 20,69% yang mendapat nilai sama dengan atau diatas KKM. Pada siklus 1 meningkat 50%. Pada siklus II meningkat 83%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDIT Baiturrahman Citra Jakarta Barat pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat air. Kata Kunci : Hasil Belajar IPA, Metode Eksperimen, Sifat-sifat Air

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPA, Metode Eksperimen, Sifat-sifat Air
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:07
Last Modified: 11 Dec 2023 09:07
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2769

Actions (login required)

View Item
View Item