TESTING VALDIASI TAHAP SATU (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG OPERASI HITUNG PENGURANGAN DI KELAS IIA SDK 2 PENABUR JAKARTA. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Abstrak: Dalam upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika mengenai operasi hitung pengurangan di kelas IIA SDK 2 PENABUR Jakarta melalui model pembelajaran Inquiry Learning. Pada proses Kegiatan Belajar Mengajar pun respon mereka terlihat rendah, hal ini dapat terlihat tidak semua mampu menjawab saat diberikan pertanyaan. Pada pembelajaran pra siklus, dari 36 peserta didik terdapat 15 peserta didik yang belum tuntas. Upaya yang dilakukan pendidik adalah dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry Learning, dimana kegiatan belajar tersebut menekankan pada pengembangan keterampilan penyelidikan dan kebiasaan berpikir yang memungkinkan peserta didik untuk melanjutkan pencarian pengetahuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IIA SDK 2 PENABUR Jakarta. Waktu pelaksanaan penelitian terdiri atas dua siklus dengan masing - masing terdiri atas satu pertemuan. Hasil pra siklus, rata-rata kelas di bawah 70%. Hasil belajar pada siklus 1 mulai mengalami peningkatan dari rata-rata 68,89% menjadi 73,89% dengan peserta didik yang mencapai KKM 58,83%. Pada siklus 2 diperoleh hasil yang memuaskan, peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 100% dengan jumlah 36 orang dan rata-rata 87,78% . Maka dapat disimpulkan, peserta didik sudah memahami pelajaran matematika mengenai materi operasi hitung pengurangan.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Model Inquiry Learning, Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:07 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:07 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2767 |